Rabu, 05 Juni 2013

Nasi Kuning Ikang Telur, Kuliner Komplit Dari Ternate

Untuk para wisatawan yang suka dengan wisata kuliner, ada makanan menarik untuk dicicipi dari banyak makanan di Indonesia Timur. Di Ternate, Halmahera Barat, ada nasi kuning ikang telur dengan rasa yang gurih dan enak.

Kuliner jenis nasi kuning ternyata tidak hanya dimiliki oleh Pulau Jawa saja. Saat Anda berwisata ke Ternate, ada kuliner khas Ternate yaitu nasi kuning ikang telur yang sangat disukai para masyarakat sekitar. Sarapan pagi pakai nasi kuning ini seakan istimewa.

Seperti yang dirasakan wisatawan asal Jakarta, dengan menempuh perjalanan lebih dari 6 jam ke kota ini. Sesampai disana, akan terlihat makanan ini dijadikan sarapan pagi yang istimewa, dengan kuliner khas Ternate yang menggunakan bahan yang sangat yummi.

" Ini adalah makanan asli disini, nasi kuning lengkap dengan ikan tongkol, singkong, mie, dan telur, " kata Ibu Ani, salah satu penjual makanan ini di Rumah Makan Al-Hikmah, Jl Nasution, Ternate. Makanan ini tidak jauh berbeda dengan nasi kuning yang ada di Jakarta. Perbedaannya hanya pada lauknya yang lebih banyak dan memakai ikan tongkol.

Biasanya Ikan Tongkolnya akan diolah kering menggunakan kayu dan gula merah, kecap dan merica. Rasa nasi semakin enak dengan daging ikan yang lembut dan sangat cocok dengan nasi kuningnya. Lengkap dengan singkong goreng yang dipotong kecil, mie, dan telur.

Salah satu tempat makan favorit yaitu Rumah Makan Al-Hikmah banyak dikunjungi para wisatawan dan masyarakat sekitar. Dengan porsi yang memuaskan dijamin anda akan kenyang setelah memakan satu porsinya. Satu porsi harganya hingga Rp 16 ribu.


Setiap harinya biasanya para penjual kuliner khas Ternate ini dapat menjual hingga 100 porsi. Nasi kuning ikang pun sangat cocok anda cicipi saat berwisata ke Ternate. Tak perlu dengan tampilan dan harga yang tinggi untuk menikmati nasi kuning ini, karena nasi kuning ikang telur sudah sangat spesial.

1 komentar: