Rabu, 19 Juni 2013

Nikmati Papeda Dan Ikan Kuah Kuning Sambil Melihat Keindahan Alam Papua

Selain kaya dengan keindahan alam dan pesona bahari yang ada di pulau ini, ternyata wisata di Papua tidak hanya untuk alam dengan eksotis pulau tersebut. Salah satu daya tarik dari pulau ini adalah wisata kuliner di Papua yang diantaranya terdapat di bawah ini.

1. Papeda

Papeda adalah salah satu kuliner khas Papua dan Maluku. Makanan ini juga salah satu makanan Pokok untuk masyarakat disana, biasanya Kuliner ini akan disajikan saat ada acara - acara adat dan besar. Namun sekarang makanan ini sudah banyak dijual di Rumah makan.


Salah satu wisata kuliner di Papua ini berbahan baku batang pohon sagu, cara memasaknya yaitu dengan cara - cara tradisional. Batang utama pohon sagu yang cukup tua digunakan untuk mendapat sari patinya, yang akan digunakan sebagai tepung sagu murni.

Ternyata makanan ini juga sudah banyak dikenal di berbagai wilayah seperti di Sulawesi Selatan, yaitu masyarakat daerah Luwu. Terdapat juga di Negara Malaysia dan Brunai dengan sebutan Linut. Cara pembuatannya cukup mudah dan tidak ribet. Untuk lebih tahu anda dapat mengujungi tempat ini sambil menikmati indahnya pulau ini.

2. Ikan Kuah Kuning

Indonesia mempunyai keragaman suku, bahasa dan budaya apalagi jika berbicara mengenai kulinernya. Dan di daerah yang berada di ujung wilayah indonesia yaitu papua terdapat kuliner khas papua dengan nama Ikan Kuah Kuning.

Ikan ini disajikan seperti nama kuliner khas papua ini, tampil dengan warna kuning yang terdapat hiasan tomat dan cabe merah. Masakan ini berbahan dasar dari ikan tuna atau ikan cakalang dengan bahan-bahan alami yaitu kunyit, tomat, cabai, santan, daun salam dan lain-lainnya.

Cara membuat masakan ini cukup mudah, ikan yang sudah dipotong-potong akan direndam dan dilumuri dengan garam dan air asam selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu ikan akan di goreng sampai matang. Untuk bumbu yang dihaluskan akan ditumis, dimasukkan santan dan ikan yang digoreng.

Biasanya ikan kuah kuning ini akan disajikan dengan papeda. Namun jika anda lebih suka nasi putih, anda dapat menjadikannya sebagai penggantinya. Selain menikmati wisata di Papua dengan alam yang indah dan mempesona, anda dapat menikmati wisata kuliner di Papua ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar